cara perawatan vespa

Kiriman 1
dunia vespa menulispada 10 Agustus 2009 jam 21:03
bwt oli gw pake yang 6000an oli vspa,tp rutin sbulan skali.klo oli yang lain jg boleh.yg penting terjamin kualitas dan kuantitasnya.

Kalo dalam perjalanan Selalu membawa cadangan: tali
kopling, busi, amplas serta tang,
obeng dan kunci. Soalnya kalau tali kopling sudah
putus, biar gak repot nyari bengkel.
Karena itu kalau sudah 'terasa' akan putus, buru2
diganti, agar tidak menyusahkan.

Jgn lupa pawa kunci :
1. Kunci leter T ukuran : 11 buat kaburator dan 13
buat Ganti Ban
2. Kunci leter T untuk buka/pasang Busi terdiri 3
ukuran (jadi Satu)

nyampur sendiri agar lebih irit dan kualitas mesin
bisa kita pertanggungjawabkan.
Dan kalau kemana-mana ada baiknya bawa oli, jgn isi
bensin sembarangan nanti brebet.
rajin TuneUp bila sering dipakai... serta bersihin
arang

============================================================================================

Kalo siSemok sukar hidup (ngeberebet), biasanya adanya
gangguan pada :
1. Sistem penyaluran bahan bakar
2. Bagian pengapiannya yang nggak bekerja sempurna.

Penyebabnya biasanya
1. Mesin banjir;
2. spuyer/saluran karburator tersumbat/kotor
3. keran bensin (fuel cook) tersumbat/kotor,
4. pengapian terganggu (pake CDI apa pake platina).


nih sedikit tips perawatan
1. Periksa bagian bensin apakah masih terisi cukup.
2. Buka tutup mesin, kemudian periksa saluran bensin
perhatikan apakah jalannya bensin ke karburator
tersumbat.
3. jika karbu bermasalah "banjir/ngocor" Tutup keran
bensin, copot businya.
4. Cek Pengapian lewat busi, apakah bagian pemantik
apinya bersih, ampelas sedikit bagian kepala busi bila
kotor yang biasanya kotoran itu karena tertutupi oli.
Kotornya busi itu menyebabkan bunga api lemah atau
berwarna merah.
5. Bisa juga busi tidak nyala/nggak normal di
antaranya karena busi nggak sesuai/rusak,celah busi
standarnya sekira 0,6 mm,
6. kabel busi atau tutup busi sobek-sobek bahkan aus,
kondensator atau koil tegangan tingginya rusak
(penyetelan pengapian tidak tepat)


beberapa spesifikasi spuyer vespa
yang penting kalo oli samping jgn terlalu irit pake
aja 2% (maks 1 : 2) berikut pilot-jet(spuyer
kecil/spuyer langsam)
48-160, 80-140,85-140, 95-160, 105-160
kalo gw sih pake 95-160 (mayan irit 1:40) asal jgn
digeber ajah bawanya nyantai (40-60 km) kalo mo lari
silakan pake pilot-jet yang lebih besar kompresi disesuaikan.


untuk cara Setingan atau penyetelan jarum ideal harus pas menurut pengalaman saya caranya denmgan menyetel stasioner karbu pada stelan tertinggi, lalu putar jarum ideal menggunakan obeng kekanan stelah berhenti putaran jarum kendorkan kembali ke kiri perlahan-lahan sampai terdengar suara mesin di putaran tertinggi.
Kiriman 2
Marwan Hendrianes menulispada 17 September 2009 jam 10:28
bro; saya boleh bertanya tentang vespa

motor saya vespa excluisive 2000;motor ngbrebet udah saya bersihkan tangki dan karburator; selain itu pngapian dah diganti spoel pengapian dan farad tapi hasilnya nol; sempet stress juga soalnya disetel nah poor tetap masih blm normal.
tolong dibantu pak.
thanx
Kiriman 3
dunia vespa menulispada 01 November 2009 jam 11:08
sory nih bru bls...bru OL euy...
ngeberebetnya kya tekor gt bukan??
trus spuyernya lo cek lg...
cz gw jg pernah kya bgini,,smuanya dah gw gantiin jg...ternyata setingan spuyernya doank berubah sendiri,coba lo ganti yg main n pilot jetnya...
padahal ga pernah gw ganti n masih orsinilll...
emang aneh tp alhasil kebut......
sory klo kurang memuaskan...tp lo coba aj dlu...
tar kita cek lg...

Artikel Terkait cara perawatan vespa

0 komentar:

Posting Komentar

 

© 2011-2012 cah ra dong All Rights Reserved | Author | Friend Yoedha Com | Powered by Blogger